KAS (Kas Kecil)

Waz up bro, bagi yang baru nagnkring kesini met gabung aja yah. Ni sebenernya sore yang panas buat belajar n ngantuk (hoaaaam… T.Tv) tapi daripada gue bingung gak ngapa2in mending gue bikin postingan pertama deh buat di sesi AKM ini. sumpah gilaaa.. gue dari seminggu kemarin menggelandang di ruang jurusan akuntans belum dapet hasli juga buat revisi skripsi gue ni. Alhasil, akhirnya nganggur gak da kerjaan,hwaaaaahh..

Ditengah kesadisan cuaca sore ini gue Cuma mo bagi elmu ni masalah kas, syukur2 nyangkut hehehe…siaaaap…!. Kalo kata PSAK jadul sih seinget gue, kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan. Biasanya nih ye, kas tu bermacam spesies yaitu uang kertas, uang logam, cek belum disetor, de es be. Biasanya kas tu cepet banget dikonversiin jadi asset lain misal membeli nasi padang lauknya kikil dengan sambal banyak ditambah kuah rendang dengan kas, TUNAI (maaf, contoh ngawur..^^). Kas dalam perusahaan kudu diatur, gak boleh kebanyakan gak boleh kecekakan jadi kudu mencerminkan konsep 3E.

Selain itu, sifat kas sangat sensitif, gue mo berbagi pengalaman ni pas kerja parttime di Bursa Kampus listirk mati+komputer kasir wafat = manual tansaksi. Pas gue menjabat sebagai penjaga kas kecil, gue kudu ngitung rekapan dari kasir antara kas diterima sama kas dibuku. Sat-sit-set.. mereka ngitung gue yang nyelow tinggal nanda tangan buku rekap, cerita selesai. Besok paginya pas gue liburan ke Bandung ma anak2 gue di telpon ma Bos, “tuuut.. Halo yan, Priwe? Kas kemarin selisih 900.000?”. Jreeeeng .. gue gak tenang dah liburan, temen2 pada ktawa enjoy gue nangis tersedu, ingin kuteriakan,” adualahieuh pak kuwu….,dosa naon aink..!!” akhirnya gue balik ke pewete tercinta, gue konfirm ma kasir kemarin ternyata dia ngaku salah nulis manual, harus nya 100.000 malah dia tulis 1.000.000. ahaha.. gue nyante lagi, emang sih salah gue yang tanda tangan bukti tanpa cek ulang , maklum pegawai baru ,hehehe.. tapi karena kejadian ntu, gue kapok jadi orang teledor. Kalo di perusahaan MNC gue bisa di cincang, tapi setelah ntu gua jadi orang teliti nih bos.

Kembali ke topik, gue disini bakal konsen dulu di kas kecil. Kas kecil adalah kas yang di buat untuk kegiatan sehari2 perusahaan untuk pengeluaran2 yang jumlahnya relativ kecil dan tak ekonomis bila dibayar dengan cek. Ada 2 metode untuk mencatat kas kecil yaitu imprest dan fluktuative. Gue bahas metode imprest aja deh karena menurut gue ni metode gak ribet tapi bagus n gua bahas dalam bentuk contoh dibawah.

PT Skarepe Nyonk punya transaksi menyangkut kas kecil ni dalam sebulan. Ni gue bahas dalam bentuk jurnal aja yah:

15 Des : membentuk dana kas kecil Rp 4.000.000

Petty Cash 4.000.000

Cash 4.000.000

Transaksi Rutin I:

16 Des : dibayar biaya rapat manajer Rp 300.000 (adm.expenses)

18 Des: dibayar ganti uang tukang becak, ojek gendong, dan tol Rp 500.000(adm.expenses)

19 Des : ngasi utang ke karyawan yang bokek Rp 300.000

20 Des: membeli persediaan kantor Rp 250.000

22 Des : Dilakukan Pengisian kembali Kas Kecil

Nah, untuk transaksi 24 Des ni, semua transaksi sebelumnya di balik ke akun Petty cash senilai pengeluaran rutin yaitu:

Administrasi Expenses 800.000

Receiveble Exp 300.000

Supplies Exp 250.000

Petty Cash 1.350.000

Transaksi Rutin II:

26 Des: dibayar biaya rapat Rp 800.000 (adm.expenses)

29 Des : dibayar Pejalanan dinas 500.000 (adm.expenses)

5 Jan : dibayar biaya pembelian perlengkapan kantor 100.000

6 Jan : pengisian ulang kas kecil

Wah, untuk yang melewati bulan dan tahun ini dilakukan dulu penyesuaian dengan membalik dari tanggal 26 pe 29 Des, Jurnalnya kaya dibawah ni:

Petty Cash 800.000

Administrasi Expenses 800.000

Trus pada tanggal 6 Jan pengisian ulang kembali dilakukan dengan jurnal seperti ni:

Administrasi Expenses 800.000

Supplies Exp 100.000

Petty Cash 900.000

Selesai deh, nah jadi pas lewat periode bulan atau tahun tu si akun yang termasuk transaksi bulan sebelumnya di balik dulu agar gak terjadi perkiraan ganda and setelah ntu baru di balik lagi lengkap dengan transaksi bulan atau tahun sekarang deh pas pengisiannya. Kurang lebih seperti ntu, kalo ada yang ditanyakan silakan comment atau buka buku lagi, hehehe.. rajin baca cuy, jangan pesbukan mullu… 😀

About accounting1st

Riandasa Anugerah Febrian adalah seorang akademisi di fakultas jurusan ekonomi UNSOED jurusan strata-1 Akuntansi dan sekarang menempuh Program Profesi Akuntansi. Dalam meyalurkan minat dan hobinya di dunia accounting dan finance, saya berbagi ilmu buat kalian yang berminat pula di bidang ini dengan jauh lebih mudah pembahasannya karena lebih menggunakan bahasa manusia bukan bahasa buku. please wellcome... :P

Posted on Juni 28, 2011, in Akuntansi Keuangan Menengah and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: