Transformasi Akuntansi Pemerintahan di Indonesia

Pra-Akuntansi

(UU Pemda 1974)

Akuntansi Cash Toward to Accrual (PP 2001/2005) Akuntansi Akrual

(71/2010)

-LRA

-Nota Perhitungan APBN

– Neraca

– LRA

– LAK

– CALK

– LRA

– SAL

– Neraca

– Laporan Operasional

– Laporan Perubahan Modal

– LAK

– CALK

Faktor Pendorong perubahan akuntansi adalah berawal dari domestik internal yaitu tuntutn adanya good governance, perubahan UU KN, reformasi kerja negara, dan desentralisasi fiskal. Selain itu, adanya perkembangan teori administrasi publik menjadi salah satu kontributor terhadap perubahan yang terjadi yaitu dari Old Public Management, New Public Management, hingga New Public Service. Indonesia banyak menganut teori New Publik Management dalam sektor akuntansinya di swasta sehingga transpormasi praktik sektor swasta membuat sektor pemerintahan pun menerapkan pula teori tersebut. Bukti dari penerapan NPM di UU 17/2003 di Indonesia adalah:

Pertama model pembebanan anggaran adalah:

  1. MTEF >< STEF.
  2. Performance Budgeting yaitu model penganggarannya berdasarkan kinerja. Line Item Budgeting adalah model tradisional lawan dari Performance Budgeting.
  3. Unified Budgeting adalah model penganggaran dengan menggabungkan anggaran. Sedangkan, Dual Budget adalah memisahkan anggaran ruting dan pembangunan.

Kedua, Model PKN yaitu CEO membawahi CTO dan COO. Ketiga adalah model pengelolaan keuangan negara yaitu dapat dilihat dari PP 58/2006.

Dari penerapan New Publik Management itu maka akan ditemui beberapa perubahan dan fenomena yaitu perubahan basis akuntansi pemerintahan dari basis kas menuju basis akrual. Basis kas adalah dimana transaksi ekonomi itu diakui saat kas diterima dan dicatat pada akun kas, sedangkan basis akrual adalah dimana transasksi itu diakui ketika transaksi itu terjadi dan dicatat di dua pos atau lebih. Pada dasarnya, secara teoritis, kedua metode tersebut tidak saling menggantikan akan tetapi saling melengkapi misal laporan anggaran di basis kas, dan neraca di basis akrual.

Reformasi dalam akuntansi pemerintahan mencakup perubahan dari basis kas menuju basis akrual, adanya perubahan bentuk laporan keuangan, perubahan dari model pencatatan single entry ke double entry. Dalam persamaan akuntansi, PP 24/2005 menyatakan bahwa A=K+EDL+EDI+EDC sedangkan dalam PP 71/2010 adalah A=K+ED.

About accounting1st

Riandasa Anugerah Febrian adalah seorang akademisi di fakultas jurusan ekonomi UNSOED jurusan strata-1 Akuntansi dan sekarang menempuh Program Profesi Akuntansi. Dalam meyalurkan minat dan hobinya di dunia accounting dan finance, saya berbagi ilmu buat kalian yang berminat pula di bidang ini dengan jauh lebih mudah pembahasannya karena lebih menggunakan bahasa manusia bukan bahasa buku. please wellcome... :P

Posted on November 20, 2011, in Akuntansi Sektor Publik and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: