Konsep Sederhana Fair Value

Selamat pagi rekan semua, selamat mengawali tahun baru dengan penuh target dan perencanan yang ajib. Sekarang mari kita sedikit membahas topik fair value, apa sih fair value itu? nama kebijakan kah? atau nama seperti jakarta fair?hehe..

Mari saya beri gambaran dengan contoh, pada tahun 2011 saya memiliki sebidang tanah dengan nilai 100 juta dan diatas tanah tersebut saya mempunyai ternak sapi senilai 10juta dan saya catat itu dalam buku inventaris saya. Setahun kemudian pada tahun 2012 diketahui nilai pasar atau nilai wajar tanah tersebut adalah 110 juta dan ternak tersebut 11 juta. Apabila saya menggunakan konsep Historical Cost maka saya akan tetap mencatat  nilai tanah tersebut 100 juta dan ternak tersebut 10 juta. Kebetulan saya sudah belajar akuntansi internasional pada waktu itu jadi saya catat nilai tanah itu dengan konsep Fair Value yaitu senilai 110 juta dan nilai ternak 11 juta, setiap kenaikan itu saya catat sebagai kenaikan revaluasi. hehe..

Simpel kan? tulisan ini saya ilustrasikan dari konsep fair value yang saya ikuti dan adaptasi kemudian diterjemahkan dari definisinya Deloitte. Bila ada pandangan lain bisa di share disini. Akuntansi itu menyenangkan, trust me..

Iklan

About accounting1st

Riandasa Anugerah Febrian adalah seorang akademisi di fakultas jurusan ekonomi UNSOED jurusan strata-1 Akuntansi dan sekarang menempuh Program Profesi Akuntansi. Dalam meyalurkan minat dan hobinya di dunia accounting dan finance, saya berbagi ilmu buat kalian yang berminat pula di bidang ini dengan jauh lebih mudah pembahasannya karena lebih menggunakan bahasa manusia bukan bahasa buku. please wellcome... :P

Posted on Januari 22, 2012, in IFRS and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: