Pertama Kali Mengadopsi IFRS

Selamat Pagi,

Selamat menyambut hal baru yang telah mengubah para akuntan dan calon-calonnya yaitu apalagi kalau bukan IFRS. OK guys, saya sekarang mau sedikit membahas nih sebenarnya apa saja sih yang harus dilakukan ketika akan mengadopsi IFRS untuk pertama kalinya? Nih saya mau agak serius membahasnya. OK, check it out!

IFRS pertama kali diterbitkan pada bulan juni 2003 tepatnya pada IFRS 1, IFRS dibuat sedemikian rupa sehingga bertujuan agar memudahkan para penggunanya ketika para pengguna mulai mengadaptasi IFRS tersebut dan pula ketika menghadapi perubahan di masa depan. Pada saat pertama kali mengadopsi IFRS, entitas diharuskan untuk mengungkapan pernyataan secara eksplisit bahwa entitas tersebut telah patuh dalam IFRS.

Pada umumnya, sebuah entitas  mulai mengefektifkan IFRS pada akhir periode akuntansinya atau awal periode berikutnya. Starting point yang harus entitas persiapkann dalam pertama kali mengadopsinya dalam  laporan keuangannya adalah pertama yaitu dengan mengakui semua aset dan liabilitas (dalam IFRS istilah kewajiban berubah menjadi liabilitas) seperti yang diminta IFRS, kedua yaitu tidak mengakui item sebagai aset dan liabiitas dimana item tersebut tidak diperbolehkan IFRS , ketiga yaitu mereklasifikasi item yang sebelumnya  diakui oleh GAAP sebagai salah satu item dari aset, liabilitas, ataupun komponen dari ekuitas  tetapi yang berbeda dengan item yang di akui sebagai aset, liabilitas, ataupun  bagian dari komponen ekuitas yang diakui oleh IFRS. Keempat yaitu memakai IFRS dalam mengukur semua aset dan liabilitas yang diakui.

Wooww.. lumayan juga nih awal-awal. OK Guys, semoga dikemudian hari saya bisa diberi kesempatan untuk menyentuhnya secara langsung agar bisa share kasus terbaru dari IFRS ini. Sebagai referensi, saya sertakan file IFRS yang terbaru bisa di download di bawah sini:

ifrs

ifrs1

ifrs2

ifrs3 business combinations

ifrs4 Insurance contracts

ifrs5 Non-current Assets Held for Sale and

ifrs6 Mineral Resources

ifrs7 Financial Instruments

ifrs8 Operating Segments

ifrs9 Financial Instruments

Di file selanjutnya juga saya akan menyisipkan dokumen yang menceritakan bagaimana beberapa negara yang telah menerapkan IFRS, cekidot..

ifrs_country_adoption pwc

Iklan

About accounting1st

Riandasa Anugerah Febrian adalah seorang akademisi di fakultas jurusan ekonomi UNSOED jurusan strata-1 Akuntansi dan sekarang menempuh Program Profesi Akuntansi. Dalam meyalurkan minat dan hobinya di dunia accounting dan finance, saya berbagi ilmu buat kalian yang berminat pula di bidang ini dengan jauh lebih mudah pembahasannya karena lebih menggunakan bahasa manusia bukan bahasa buku. please wellcome... :P

Posted on Januari 27, 2012, in IFRS and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: